welcome

welcome

Senin, 01 Maret 2010

PKN (TUGAS 2 ) 1 - Demokrasi di Indonesia

Demokrasi Di Indonesia

Prinsip-Prinsip Demokrasi
Demokrasi artinya pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Hali ini menunjukkan bahwa peranan dan partisipasi aktif rakyat dalam pelaksanaan pemerintahan demokrasi merupakan wujud pelaksanaan prinsip-prinsip demokrasi.

A. Proses Demokrasi
Dalam tahun-tahun belakangan ini demokrasi telah mengalami kemajuan yang besar di dunia. Dengan demikian memunculkan harapan akan dunia yang lebih baik bahwa demokrasi tidak hanya akan meningkatkan kebebasan politik dan hak asasi, tetapi akan membawa kepada pembangunan ekonomi yang lebih cepat. Selanjutnya akan meningkatkan kesejahteraan dan hubungan internasional yang bercirikan keja sama dunia yang saling menghormati serta saling pengertian.
Bentuk pemerintahan demokrasi telah mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan masyarakat. Menurut paham demokrasi kuno bahwa bentuk pemerintahan yang kekuasaannya terletak pada sekelompok orang yang dianggap penting dalam masyarakat disebabkan oleh pendidikan, kekayaan dan keturunan.
Dalam demokrasi modern memiliki ciri khusus mengakui pendapat rakyat dalam suatu pemerintahan. Wakil-wakil rakyat yang duduk dalam parlemen (DPR) dipilih melalui pemilu secara langsung, umum, bebas dan rahasia. Karena itu paham demokrasi modern sering disebut sebagai demokrasi perwakilan.

B. Proses Demokrasi Menuju Masyarakat Madani
Suatu pemerintahan yang kuat dan stabil adalah pemerintahan yang di dukung oleh rakyat. Tidak ada suatu kekuatan lain yang dapat menjatuhkan atau menghancurkan suatu pemerintahan apabila pemerintahan itu mendapat dukungan dari seluruh rakyat. Dukungan rakyat itu dapat diperoleh apabila rakyat dilibatkan dalam proses pelaksanaan pemerintahan secara demokratis. Dengan demikian paham demokrasi telah ada dalam kehidupan masyarakat yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu pemerintahan.
Dengan demikian, semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya demokrasi dalam berbagai kehidupan akan menjadikan masyarakat yang dapat hidup mandiri dengan tidak banyak mengharapkan bantuan dari pihak lain. Hal tersebut dapat saja terjadi karena mereka dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan jalan musyawarah secara demokratis.
Pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan masyarakat telah banyak pilar-pilar demokrasi yang menunjang kelangsungan hidup demokrasi di Indonesia seperti adanya musyawarah desa, lembaga legislatif, partai politik atau lembaga swadaya masyarakat. Pilar-pilar ini harus kita kembangkan dan kita lestarikan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian akan tercipta kehidupan masyarakat dan negara yang demokratis.

C. Prinsip-prinsip Demokrasi yang Berlaku Secara Universal
Setelah Perang Dunia II, tampak adanya gejala secara formal bahwa demokrasi merupakan dasar dari kebanyakan negara-negara di dunia. Hal itu menunjukkan bahwa demokrasi telah mewarnai berbagai kehidupan sosial politik masyarakat dunia. Namun, pelaksanaannya antara bangsa yang satu dengan yang lainnya berbeda, meskipun sumber demokrasi itu sama. Hal itu terjadi karena demokrasi yang dilaksanakan oleh suatu bangsa, disesuaikan dengan kepribadian dan pandangan hidup bangsanya sendiri.

1. Kekuasaan suatu negara yang sebenarnya berada di tangan rakyat atau kedaulatan ada di tangan rakyat.
2. Masing-masing orang bebas berbicara, mengeluarkan pendapat, beda pendapat dan tidak ada paksaan.

Dalam negara demokrasi rakyat mempunyai hak dan kewajiban untuk memilih wakil-wakilnya yang akan duduk dalam parlemen melalui pemilu. Wakil-wakil rakyat yang terpilih tersebut akan melaksanakan kedaulatan.
Pada dasarnya demokrasi yang berlaku di dunia ada dua macam, yaitu :

1. Demokrasi Konstitusional
Ciri khas demokrasi konstitusional bahwa pemerintahan yang demokratis adalah pemerintahan yang kekuasaannya terbatas dan tidak bertindak sewenang-wenang terhadap warga negaranya. Pembatasan kekuasaan pemerintahan tercantum dalam konstitusi atau pemerintahan berdasarkan konstitusi.

2. Demokrasi Proletar
Demokrasi proletar adalah demokrasi yang berlandaskan ajaran komunisme dan marxisme. Paham demokrasi ini tidak mengakui hak asasi warga negaranya. Karena itu ajaran demokrasi komunis bertentangan dengan ajaran demokrasi konstitusional.
Dalam pelaksanaannya, asas demokrasi ternyata diterapkan secara berbeda antara negara yang satu dengan yang lainnya meskipun sumber ajaran demokrasi itu sama. Hal itu disebabkan penerapan asas demokrasi suatu negara sangat dipengaruhi oleh pandangan hidup bangsa, kepribadian bangsa, falsafah bangsa dan latar belakang sejarah bangsa itu sendiri.

D. Keterkaitan Prinsip Demokrasi dengan Prinsip Demokrasi Pancasila
Kegiatan sosial politik masyarakat Indonesia atas demokrasi Pancasila yang bersumber pada kepribadian dan pandangan hidup bangsa tertuang dalam :
1. Pembukaan UUD 1945 Alinea IV
2. Batang Tubuh UUD 1945
3. Penjelasan UUD 1945

Sedangkan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila antara lain sebagai berikut :
1. Kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilaksanakan oleh lembaga perwakilan rakyat.
2. Keputusan dilakukan dengan jalan musyawarah/mufakat.

Pemerintahan negara dapat berjalan dengan baik apabila pelaksanaannya telah sesuai dengan cita-cita moral yang luhur, watak dan kepribadian bangsa Indonesia. Kesadaran bernegara bagi bangsa Indonesia harus tumbuh dan dikembangkan. Hal itu berarti rakyat harus ikut berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan nasional secara adil dan merata, mematuhi semua peraturan perundangan yang berlaku, menempatkan kepentingan pribadi dan golongan.
Pelaksanaan demokrasi Pancasila berarti menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara, saling menghargai serta selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar