welcome

welcome

Selasa, 26 Oktober 2010

TUGAS PERILAKU KONSUMEN

PERILAKU KONSUMEN

Dalam kehidupannya manusia selalu membutuhkan sesuatu untuk memenuhi keperluan hidupnya seperti kebutuhan sandang, pangan dan papan. Apabila kebutuhan sandang dan pangan sudah terpenuhi maka biasanya untuk kebutuhan papan seperti memiliki rumah, mereka akan berusaha memiliki rumah yang lebih baik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut mereka harus membeli dengan alasan yang rasional dan hati-hati. Rasional maksudnya kita harus mengukur kemampuan dan Hati-hati maksudnya adalah ketika membeli harus memperhatikan baik buruknya, menguntungkan atau tidak untuk membelinya.

Namun ketika membeli sesuatu kebutuhan harus didasarkan pada nilai kebutuhan dan bukan pada keinginan, karena berbeda antara keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang memang harus ada, diperlukan dan tidak dapat ditunda, sedangkan keinginan adalah hal sebaliknya.

Adapun jenis pembelian dapat kita bagi menjadi :

1. Jenis pembelian yang dilakukan dengan hati-hati dan rasional

2. Jenis pembelian yang di dasarkan atas keinginan untuk memperoleh perasaan

3. Jenis pembelian yang pada prinsipnya karena tekanan lingkungan

1. Jenis Pembelian yang Dilakukan dengan Hati-hati dan Rasional

Rasional maksudnya kita harus mengukur kemampuan dan Hati-hati maksudnya adalah ketika membeli harus memperhatikan baik buruknya, menguntungkan atau tidak untuk membelinya.

Contoh jenis pembelian :

1. Pembelian Properti (rumah dan tanah)

2. Pembelian Investasi (saham dan surat berharga)

3. Pembelian Barang-barang antik

Ketiga jenis pembelian diatas harus dilakukan dengan hati-hati dan rasional, misalnya untuk pembelian properti seperti rumah dan tanah, kita harus teliti dan hati-hati apakah properti tersebut mempunyai surat-surat yang jelas dan lengkap. Apakah properti tersebut bermasalah atau tidak, seperti dalam sengketa dan masalah kepemilikannya. Kemudian lokasinya apakah termasuk di daerah yang rawan banjir atau tidak dan keamanan lingkungannya. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan agar kita tidak menyesal ketika membelinya dan apabila kita hendak menjualnya di kemudian hari mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi.

Demikian juga untuk pembelian investasi berupa saham dan surat berharga, kita perlu berhati-hati dan rasional ketika kita hendak berinvestasi pada barang tersebut. Kita harus tahu kapan kita harus membelinya dan kapan kita harus menjualnya, agar kita mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Sedangkan untuk pembelian barang-barang antik di pasar lelang, hendaknya kita perlu berhati-hati dan tidak terburu nafsu untuk membelinya hanya karena kita ingin cepat memilikinya. Kita harus memperhitungkan kemampuan keuangan kita dan memperhitungkan juga nilai jualnya di masa depan, apakah akan menguntungkan atau tidak ? Jika kita membelinya.

2. Jenis Pembelian yang Didasarkan atas Keinginan untuk Memperoleh Perasaan

Pembelian ini di dasarkan atas keinginan yang sebenarnya masih bisa ditunda dan tidak harus sekarang juga dipenuhi, karena masih bisa memakai barang yang lama. Contohnya adalah sebagai berikut :

1. Membeli mobil baru

2. Membeli ponsel baru

3. Membeli baju baru

Pada saat kita mempunyai keinginan untuk membeli mobil baru sedangkan kita masih mempunyai mobil yang lama biasanya di dasarkan karena mobil baru yang ingin kita miliki itu mempunyai kelebihan dibandingkan dengan mobil yang lama, misalnya interiornya lebih bagus, lebih nyaman, lebih aman atau mempunyai kecepatan yang lebih. Sehingga kita memiliki pengalaman yang berbeda dibandingkan kita memakai mobil yang lama.

Demikian juga ketika kita membeli ponsel yang baru, tentunya kita ingin memiliki ponsel yang lebih canggih dibandingkan dengan ponsel yang lama, misalnya ponsel tersebut memiliki fasilitas aplikasi video streaming, gprs, 3G dan yang lainnya. Tentunya dengan menggunakan ponsel yang canggih tersebut kita akan memiliki perasaan yang berbeda apabila dibandingkan kita memakai ponsel yang lama, yang tidak memiliki fasilitas seperti itu.

Dan ketika kita berkeinginan membeli pakaian yang baru, tentunya kita didasarkan pada alasan pakaian tersebut lebih modis, lebih menarik dan lebih nyaman dipakai, apabila dibandingkan ketika kita memakai pakaian yang lama. Perasaan lebih nyaman memakai pakaian baru tersebut tentunya kita inginkan, sehingga kita tidak kecewa membelinya.

3. Jenis Pembelian yang Pada Prinsipnya karena Tekanan Lingkungan

Pembelian yang pada prinsipnya karena tekanan lingkungan biasanya didasarkan pada kebutuhan karena produk tersebut memang diperlukan. Contohnya, yaitu :

1. Pembelian AC

Didasarkan pada kebutuhan karena lingkungan yang panas. Keinginan untuk mendapatkan udara yang bersih dan sehat dan menciptakan ruangan yang nyaman.

2. Pembelian Sepeda

Didasarkan pada kebutuhan ingin lebih sehat dengan bersepeda, selain itu untuk mengatasi masalah polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

3. Pembelian Lampu Emergency

Didasarkan pada kebutuhan ingin mendapatkan penerangan yang memadai ketika listrik padam. Sebagai antisipasi dilingkungan yang sering mengalami padamnya listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar