welcome

welcome

Selasa, 23 November 2010

SEGMENTASI PERILAKU KONSUMEN

SEGMENTASI PASAR KONSUMEN


Segmentasi Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.

Kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi pada umumnya sangatlah penting. Pilihan penggunaan sarana transportasi beragam jenisnya, salah satunya adalah sepeda motor untuk mempermudah dan mempercepat jarak tempuh.

Jenis sepeda motor yang sangat di gemari konsumen selama ini adalah jenis sepeda motor bebek. Namun pada saat ini, beberapa produsen sepeda motor telah memproduksi dan memasarkan jenis sepeda motor matic. Salah satu produsen yang telah meluncurkan jenis sepeda motor matic adalah merk YAMAHA MIO.

1. Demografi

a. Umur

Kendaraan roda dua jenis matic Yamaha Mio dapat digunakan orang mulai umur 17 tahun sampai dengan orang usia dewasa.

b. Jenis Kelamin

Walaupun pangsa pasar utama Yamaha Mio adalah wanita muda, namun skuter matic ini juga cocok untuk laki-laki. Apalagi sekarang sudah diproduksi skuter matic Yamaha Mio jenis Sporty yang umumnya digemari laki-laki baik muda maupun dewasa.

c. Pendapatan

Dari hasil pengamatan diketahui para pemakai Yamaha Mio umumnya adalah wanita muda atau pria dewasa dari kalangan menengah yang bekerja dan berpenghasilan antara Rp. 2 juta sampai Rp. 4 juta sebulan.

d. Status Pernikahan

Juga dari hasil pengamatan diketahui para pemakai Yamaha Mio umumnya adalah wanita muda atau pria dewasa yang sudah menikah, walaupun banyak juga pemakainya orang yang belum menikah. Alasan mereka memakai skuter matic Yamaha Mio karena praktis dan lincah saat menghindari kemacetan di jalan.

e. Pendidikan

Meskipun para pemakai Yamaha Mio umumnya adalah orang yang sudah bekerja , tetapi skuter matic Yamaha Mio juga cocok buat para pelajar dan mahasiswa. Alasan mereka memakai skuter matic Yamaha Mio karena praktis dan lincah di jalan.

f. Pekerjaan

Hasil pengamatan diketahui para pemakai Yamaha Mio umumnya adalah wanita muda atau pria dewasa yang sudah bekerja. Alasan mereka memakai skuter matic Yamaha Mio karena praktis dan lincah saat menghindari kemacetan di jalan ketika mereka berangkat ke tempat kerja.

2. Perilaku Konsumen

a. Manfaat yang dicari

Kebutuhan akan sepeda motor bagi masyarakat sangatlah penting mengingat kemacetan di jalan raya, sehingga salah satu alternatif untuk mempermudah dan kelancaran untuk mencapai tujuan di dalam kota, maka sepeda motor salah satu pilihan yang tepat. Mio Sporty adalah salah satu produk yang paling diminati konsumen. Awalnya Mio diciptakan untuk kaum hawa. Tapi berkat teknologi matic, handling dan akselerasi yang luar biasa membuat banyak lelaki yang juga jatuh cinta pada motor ini. Bahkan bukan itu saja, Yamaha Mio dikenal oleh sebagian besar Motobikers dan modifikator sebagai motor yang paling mudah untuk dimodifikasi. Nah, itu salah satu value (nilai) lain yang ada di matic ini. Yamaha Mio menganut desain bodi skuter murni. Hal ini bisa dilihat dari lingkar roda yang kecil (14 inchi) mengakibatkan jarak yang lapang antara dua sumbu roda. Mesin full otomatis khas skuter dipasangkan dimotor ini, berkapasitas 113 cc cukup bertenaga dan pas dengan pasar Indonesia. Sehingga para konsumen lebih memilih skuter matic ini untuk melakukan aktivitas mereka.

b. Kesetiaan Merk

Sebelum Mio hadir pasar matic di Indonesia relatif tidak berkembang. Dalam beberapa tahun Kymco matic pioneer hanya bisa menjual rata-rata 10.000 unit per tahun tetapi Yamaha kemudian berhasil melakukan penjualan sepeda motor Mio sebanyak 25.000 unit per bulan. Pada tahun 2006, Yamaha mampu meraih penjualan sekitar 360.000 unit Mio atau rata rata 30.000 unit per bulan. Keberhasilan sepeda motor merek Yamaha Mio meraih jumlah penjualan yang tinggi mengalahkan pesaing-pesaingnya di sepeda motor jenis matic tidak terlepas dari upaya produsen sepeda motor Yamaha untuk merespon tuntutan konsumen, baik dalam hal pelayanan maupun faktor lainnya, seperti memperhatikan perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian baik dalam memilih produk, memilih jenis, penentuan saat pembelian, maupun tempat dimana produk tersebut harus dibeli. Salah satu perilaku konsumen adalah kesetiaan pada merk, biasanya apabila seseorang awalnya telah jatuh cinta pada satu merk tertentu karena nilai manfaat yang telah mereka rasakan maka mereka akan berupaya untuk selalu setia pada merk barang yang biasa mereka pakai tersebut – tidak terkecuali skuter matic.

c. Tingkat Penggunaan

Tingkat penggunaan Yamaha Mio lebih banyak dibandingkan dengan skuter matic merk lainnya, alasannya adalah karena Yamaha Mio lebih unggul dalam kelincahan, tampilan yang menarik dan mudah dimodifikasi. Hal ini dapat dilihat dari tabel hasil penjualan Yamaha Mio dibanding skuter matic lainnya sebagai berikut:

Data Penjualan Sepeda Motor Merk Yamaha Mio, Vario, Kymco dan Spin tahun 2007 (dalam unit)

Bulan

Yamaha Mio

Vario

Kymco

Spin

Januari- Desember

4109

1365

299

491

Sumber : PT. Alfa Scorpii tahun 2008 (data diolah)

d. Lainnya

1. Alasan Membeli

Keberhasilan sepeda motor merek Yamaha Mio meraih jumlah penjualan yang tinggi mengalahkan pesaing-pesaingnya di sepeda motor jenis matic tidak terlepas dari upaya produsen sepeda motor Yamaha untuk merespon tuntutan konsumen, baik dalam hal pelayanan maupun faktor lainnya, seperti memperhatikan perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian baik dalam memilih produk, memilih jenis, penentuan saat pembelian, maupun tempat dimana produk tersebut harus dibeli. Alasan mereka membeli atau menggunakan Yamaha Mio adalah mudah dikendarai, cocok untuk segala usia, irit bahan bakar dan mudah dimodifikasi.

2. Pengaruh

Sebagai bagian dari promosi produk untuk mempengaruhi konsumen agar membeli salah satunya adalah iklan. Dari segi iklan,awalnya Yamaha Mio hanya menampilkan wanita. Tindakan yang dilakukan pesaing dari sepeda motor Mio dari segi penggunaan model iklan tidak diambil diam oleh produsen sepeda motor Yamaha. Serangan balik yang dijalankan Mio adalah dengan iklan. Pertama, iklan komparatif (comparative ads) yang membandingkan Mio dengan pesaingnya. Ciri iklan ini menonjolkan keunggulan mereknya. Kedua, iklan Mio juga telah menggunakan pria sebagai model iklannya. Salah satu dealer resmi sepeda motor merek Yamaha di kota X adalah PT. X. Trend penjualan sepeda motor merek Yamaha Mio selama Januari 2007 hingga Desember 2007 terus mengalami fluktuasi, bahkan konsumen harus melakukan pemesanan (indent) terlebih dahulu baru mereka dapat membeli produk tersebut.

3. Karakteristik Kepribadian Konsumen

a. Kebutuhan akan kesadaran

Perilaku konsumen yang biasanya diamati oleh produsen selain kesetiaan pada merk adalah kebutuhan akan kesadaran konsumen pada produk yang mereka gunakan. Tingginya tingkat penjualan Yamaha Mio dibanding dengan skuter matic lainnya menunjukan kesadaran konsumen pada kebutuhan akan kendaraan skuter matic yang bermutu.

b. Toleransi terhadap kebimbangan

Dapat dipahami bahwa setiap keputusan untuk membeli sesuatu akan ada kebimbangan oleh karena banyaknya pilihan. Dan Yamaha Mio telah menjawab kebimbangan para konsumen dengan menampilkan dan menghasilkan jenis kendaraan roda skuter matic yang bermutu sesuai harapan konsumen.

c. Kecenderungan mengambil resiko

Dalam mengambil dan menentukan keputusan membeli produk, konsumen dihadapkan pada suatu pilihan risiko jika memakai barang atau produk tersebut. Yamaha Mio dengan segala keunggulan yang dimiliki antara lain dari segi keamanan dan kualitas telah membantu konsumen mengambil risiko, sehingga mereka lebih percaya pada Yamaha Mio. Para pengguna Yamaha Mio dengan kelas pengguna berat membuktikan bahwa mereka tetap menyukai kendaraan tersebut dengan segala risikonya.

4. Budaya

a. Adat Istiadat

Adat istiadat yang berlaku di suatu tempat di negara kita biasanya ikut mempengaruhi perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Contohnya seperti pendapat yang mengatakan bahwa orang terpandang adalah mereka yang memiliki kendaraan yang bagus dan bermutu. Setidaknya perilaku konsumen karena alasan adat istiadat tersebut telah mempengaruhi tingkat penggunaan Yamaha Mio yang cukup tinggi.

b. Kebiasaan

Perilaku konsumen yang lain adalah kebiasaan konsumen karena telah terbiasa menggunakan produk yang praktis seperti skuter matic. Sebagai produsen skuter matic pertama, Yamaha Mio diuntungkan dengan adanya kebiasaan sebagian besar konsumen dengan pola pikir tersebut.


c. Norma

Sebagai salah satu pedoman aturan yang berlaku di masyarakat adalah norma berkendaraan yang aman dan nyaman. Sebagai produsen skuter matic pertama, Yamaha Mio telah memikirkan dan menciptakan kendaraan skuter matic pertama yang sesuai norma yaitu aman dan nyaman saat digunakan.

d. Nilai

Nilai adalah acuan yang dipakai oleh masyarakat dalam menentukan baik buruknya sesuatu. Dan Yamaha Mio sebagai produsen skuter matic pertama, telah menciptakan kendaraan skuter matic pertama yang sesuai nilai berkendara yang aman dan sesuai dengan aturan atau standar kualitas produk bermutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar